Tulisan Arab Biidznillah dan Artinya Lengkap

By | November 24, 2019
tulisan arab biidznillah

Teks tulisan bahasa arab biizdnillah menurut islam dan artinya atau terjemahannya lengkap.

Doagama.com – Tulisan arab biidznillah dan artinya. Mungkin kita pernah mendengar kalimat tersebut dari kultum bulan ramadhan, ceramah di kampus atau sekolah maupun saat kegiatan ibadah lainnya.

Kadang, kita juga menjumpai kalimat bahasa Arab biidznillah di media cetak seperti pamflet, spanduk, poster, banner, flyer, maupun di media onlin seperti internet dan video YouTube.

Sebenarnya, apa sih penjelasan dari kata biidznillah, lalu bagaimana tulisan bahasa Arabnya dan bagaimana pandangan atau maknanya menurut agama Islam?

Kebetulan sekarang waktu yang tepat untuk kita semua mempelajarinya. Berikut adalah definisi, penjelasan, pengertian biidznillah dalam bahasa Arab beserta arti dan maknanya secara lengkap.

Tulisan Arab Biidznillah

teks tulisan arab biidznillah
teks tulisan arab biidznillah

Biidznillah berasal dari bahasa Arab, kalimat tersebut sebenarnya dapat kita jumpai pada Al-Quran yakni surat Al-Baqarah ayat 97. Berikut adalah bunyi ayatnya secara lengkap.

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَىٰ قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya:
“Katakanlah: Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.”

Apabila kita perhatikan di tengah-tengah ayat tersebut terdapat potongan kalimat berbunyi biidznillah. Berikut adalah teks, tulisan, lafadz bahasa Arab biidznillah.

بِإِذْنِ اللَّهِ

Artinya:
“Dengan seizin Allah SWT.”

Dari ayat tersebut kita bisa mengetahui bahwa kalimat biidznillah memiliki arti yakni “dengan izin Allah SWT“, “atas izin Allah SWT“, atau “segala sesuatu yang terjadi merupakan atas izin-Nya.”

Arti Kata Biidznillah

Dalam pandangan menurut agama Islam, kata biidznillah memiliki makna bahwa apapun yang terjadi di muka bumi ini, baik yang di masa lalu dan yang akan datang, semuanya merupakan atas kehendak-Nya.

Hal ini juga bisa diartikan sebagai takdir. Seperti yang kita tahu bahwa Allah Ta’ala telah mengatur jalan hidup kita bahkan ketika kita belum lahir ke dunia.

Allah SWT telah menentukan jalan jodoh, rezeki, dan kapan waktu kita akan berjumpa dengan maut. Beberapa itu adalah takdir yang tidak dapat diubah.

Namun ada juga takdir atau ketetapan Allah yang bisa diubah apabila kita berusaha dan berdoa. Contohnya seperti rezeki, kedudukan, atau cita-cita yang bisa kita raih.

Semakin banyak kita berusaha dan berdoa, termasuk dengan menjalankan sholat istikharah, insya Allah itu akan memperbesar kemungkinan Allah akan mengabulkan permintaan kita.

Akhir Kata

Itulah tulisan arab biidznillah, beserta makna, pengetian, definisi, dan penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan bacaan yang bermanfaat. Amin.

Baca :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *