Tulisan Arab Fa Shabrun Jamil Beserta Arti dan Makna

Teks tulisan bahasa arab fa shabrun jamil beserta arti, terjemahan dan maknanya lengkap.

Doagama.com – Tulisan arab fa shabrun jamil. Mungkin kita pernah mendengar kalimat dalam bahasa arab fa shabrun jamil, baik saat mengikuti ceramah, pengajian, khutbah, atau majelis taklim.

Kadang kita juga membaca kalimat fa shabrun jamil tersebut di media sosial, kertas, surat, majalah, koran, maupun buku-buku keagamaan Islam dan buku religi lainnya.

Namun kita tidak mengetahui arti dan maknanya sehingga kita berniat untuk mencari tahu. Sebenarnya, apa sih penjelasan atau pengertian dari teks fa shabrun jamil tersebut?

Apa pula penjelasan dan makna yang terkandung pada kalimat pendek fa shabrun jamil? Seberapa pentingkah kalimat tersebut sehingga harus dibuatkan artikel khusus pada situs ini?

Daripada penasaran, dan untuk mempersingkat waktu, langsung saja silahkan simak penjelasan mengenai apa itu fi shabrun jamil, terjemahan dalam bahasa Indonesia dan makna menurut agama Islam.

Tulisan Arab Fa Shabrun Jamil dan Artinya

fa shabrun jamil
fa shabrun jamil

Secara terminologi, fa shabrun jamil berasal dari bahasa Arab, shabrun artinya “sabar“, sedangkan jamil artinya “indah“, sedangkan fa merupakan kata penghubung “itu“.

Secara istimalh, fa shabrun jamil artinya sabar itu indah, diungkapkan kepada orang yang emosinya sedang meluap, sedang marah, diucapkan bagi diri sendiri yang tidak bisa mengontrol emosi.

Tidak ada keutmaan atau keistimewaan khusus ketika mengucapkannya, namun apabila kita mendalami maknanya, maka kita akan mengetahui bahwa kalimat tersebut adalah kalimat yang baik untuk diucapkan.

Berikut adalah lafadz bacaan teks kalimat bahasa Arab kalimat kata-kata fa shabrun jamil lengkap dengan teks latin beserta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia singkat pendek ringkas.

فَصَبْرٌ جَمِيلٌ

Fa Shabrun Jamil

Artinya:
“Sabar itu indah.”

Makna Tulisan Arab Fa Shabrun Jamil

Makna dari kata-kata fa shabrun jamil menurut agama Islam adalah, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk bersikap sabar dalam menghadapi sesuatu.

Kita tidak boleh tergesa-gesa untuk menyelesaikan sebuah tugas, pelan saja namun pasti. Kita juga jangan terburu-buru mengambil keputusan, pikirkan masak-masak terlebih dahulu.

Makna lain dari kalimat sabar itu indah adalah apabila kita bisa menahan hasrat, keinginan, nafsu dan bersikap sabar, niscaya Allah SWT akan memberikan banyak berkah kepada kita.

Seperti yang dijelaskan pada hadits shahih berikut ini.

عَنْ أُمِّ العَلاَءِ قَالَتْ : عَادَنِيْ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مَرِيْضَةً، فَقَالَ : اَبْشِرِىْ يَا أُمِّ العَلاَءِ، فَإِنِّ مَرَضَ المُسْلِمِ يُذْ هِِبُ اللَّهُ بِهِ خَطَايَاهُ كَمَا تُذْ هِبُ النَّارُ خَببَثَ الذَّهَبِ وَالفِضَّةِ

“Dari Ummu Al-Ala’, dia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjenguk-ku tatkala aku sedang sakit, lalu beliau berkata. ‘Gembirakanlah wahai Ummu Al-Ala’. Sesungguhnya sakitnya orang Muslim itu membuat Allah menghilangkan kesalahan-kesalahan, sebagaimana api yang menghilangkan kotoran emas dan perak.”

Oleh karena itu, mari kita sama-sama berusaha untuk sabar dalam menghadapi masalah apapun, insya Allah hidup kita akan lebih bahagia karena diberkahi oleh Allah SWT.

Akhir Kata

Itulah tulisan arab fa shabrun jamil, arti, penjelasan, pengertian, apa itu bacaan fa shabrun jamil, bagaimana tulisan, teks, kalimat, caption bahasa Arab yang benar, lafadz dan

Baca:

Loading...

Tinggalkan komentar