Tulisan Arab Maa Fii Qalbi Ghairullah dan Maknanya

Tulisan bahasa Arab maa fii qalbi ghairullah lengkap dengan makna, ungkapan, dan artinya.

Doagama.com – Tulisan arab maa fii qalbi ghairullah. Setiap kata atau kalimat yang berasal dari bahasa Arab memiliki makna yang terkandung di dalamnya, khususnya yang berkaitan dengan agama Islam.

Salah satu kalimat yang mungkin banyak diantara kita yang masih belum tahu adalah kalimat maa fii qalbi ghairullah, kata yang kerap diucapkan seorang ulama, ustadz, atau kyai.

Sebenarnya, apa sih arti dari kata-kata atau kalima tersebut, lalu apa makan yang terkandung di dalamnya yang berkaitan dengan agama Islam? Khususnya hubungan antara umat Muslim dengan Tuhannya?

Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama membahas mengenai kalimat atau ungkapan dalam bahasa Arab maa fii qalbi ghairullah tersebut, namun sebelumnya silahkan baca lafadz arabnya dulu.

Tulisan Arab Maa Fii Qalbi Ghairullah dan Artinya

maa fii qalbi ghairullah
maa fii qalbi ghairullah

Kalimat maa fii qalbi ghairullah berasal dari empat kata, yang pertama adalah maa yang artinya tiada, kemudian kata fii yang artinya di dalam, lalu kata qalbi yang artinya di hatiku.

Dan yang terakhir adalah kata ghairullah yang artinya selain Allah SWT, Tuhan kita. Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kalimat maa fii qalbi ghairullah berarti tidak ada di hatiku selain Allah SWT.

Berikut adalah teks, lafadz, teks bahasa Arab kata-kata atau kalimat ungkapan maa fii qalbi ghairullah beserta latinnya dan arti dalam terjemahan Indonesia.

ما في قلبى غيرالله

Ma Fii Qalbii Ghairullah

Artinya:
“Tidak ada di dalam hatiku selain Allah.”

Makna Tulisan Maa Fii Qalbi Ghairullah

Dari terjemahan di atas kita bisa mengetahui makna dari kalimat maa fii qalbi ghairullah, yang berarti tidak ada di hatiku selain hanya Allah SWT, Tuhan yang tiada duanya.

Maksudnya bukan hati kita hanya dibuka untuk Tuhan saja, melainkan tetap dibuka pula untuk manusia lain, namun kita meyakini bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang kita percayai dalam hati.

Sepenuhnya, kita menyadari dan meyakini dari hati yang paling dalam bahasa tidak ada Tuhan yang pantas disembah dan dipuji selain Allah SWT, Tuhan yang maha esa.

Jadi, bukan berarti kita menutup hati untuk orang-orang yang ada di sekeliling kita, justru Allah SWT sangat menyukai orang yang peduli dengan sesama, termasuk mencintai dan mengasihi mereka yang kurang mampu.

Kalimat tersebut memiliki arti yang sangat mendalam, apabila seseorang berkata kalimat tersebut dengan sungguh-sungguh kemudian diikuti beriman dan taat kepada-Nya, insyaallah ganjaranya adalah surga. Amin.

Akhir Kata

Itulah tulisan arab maa fii qalbi ghairullah, semoga penjelasan singkat di atas dapat menjadi pelajaran untuk kita semua yang sama-sama sedang belajar kosakata bahasa Arab.

Apabila ada kalimat atau kata-kata lain yang mungkin belum Anda pahami betul dan ingin Anda bahas, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Baca :

Loading...

Tinggalkan komentar