Tulisan Arab Tafadhol Beserta Makna dan Artinya

Teks tulisan bahasa Arab tafadhol lengkap dengan makna dan artinya.

Doapengasih.com – Tulisan arab tafadhol. Beberapa penggunaan bahasa Indonesia pada dewasa ini diganti dengan bahasa Asing, baik itu Inggris maupun bahasa Arab.

Banyaknya penggunaan bahasa Arab di Indonesia tidak lepas dari fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Islam nomor satu di dunia.

Tidak heran bila banyak yang telah menggunakan kalimat berbahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah tafadhol. Apa itu tafadhol?

Mungkin kita sering mendengarnya, namun tidak mengetaui makna dan contoh penggunaannya. Mungkin kita juga penasaran apa sih makna yang ada di balik kalimat tafadhol, berikut akan dijelaskan secara lengkap.

Tulisan Arab Tafadhol dan Artinya

tulisan arab tafadhol
tulisan arab tafadhol

Tafadhol berasal dari bahasa Arab yang artinya silahkan. Maksudnya ialah mempersilahkan seseorang untuk melakukan sesuatu sesuai apa yang dia kehendaki.

Contohnya seperti “apakah saya boleh duduk?“, dijawab dengan “tafadhol“, maksudnya ialah kita mempersilahkan orang yang minta izin tersebut untuk duduk di kursi.

Berikut adalah lafadz kalimat bahasa Arab tafadhol yang baik dan benar beserta tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesia lengkap.

تفضل

Tafadhol

Artinya:
“Silahkan.”

Kaliamt tersebut memiliki bentuk yang lebih sempurna yakni apabila diucapkan kepada orang yang kedudukannya lebih tinggi seperti ustadz, guru, atau orangtua.

تفضل مشكورا

Tafadhol masykuro

Artinya:
“Dengan segala hormat, silahkan.”

Makna Tulisan Tafadhol

Makna dari tulisan tafadhol seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni kita mempersilahkan kepada orang lain untuk melakukan apa yang dia minta.

Banyak sekali contohnya, selain dari contoh yang telah disebutkan sebelumnya, berikut beberapa contoh penggunaakn kalimat tafadhol dalam kehidupan sehari-hari.

Teman: Apakah saya boleh main ke rumahmu?
Jawab: Tafadhol

Ustadz: Apakah saya bisa mengunjungi rumahmu?
Jawab: Tafadhol masykuro

Rekan kerja: Apakah saya boleh meminjam bukumu?
Jawab: Tafadhol

Guru: Dapatkah saya melihat lembar jawabanmu?
Jawab: Tafadhol

Akhir Kata

Itu dia tulisan arab tafadhol, lengkap dengan pengertian, penjelasan serta makna yang terkandung di dalamnya. Mudah-mudahan membantu dan jangan lupa membaca artikel lain di situs ini, Aamiin.

Baca:

Tinggalkan komentar